Ini Dia Desain Masjid Agung Jateng di Magelang yang Disayembarakan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 21:55 WIB
Pememang sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang, Jumat (29/5/2020).
Pememang sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang, Jumat (29/5/2020). (Foto: Istimewa)

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur. Sebagai etika profesi, kalau kondisi membaik saya bersedia datang ke Semarang untuk paparan desain lebih detail. Kalau ada pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri maupun dari Pak Gubernur akan saya jawab dalam kesempatan itu," kata Ade.

Ade menerangkan, ide desain yang dibuatnya itu awalnya dari kognitif maps, yakni mengadaptasi kondisi ruang Masjidilharam. Jadi, pola konfigurasi ruangnya dibuat mirip dengan Masjidilharam. Sedangkan desain atap Tajug terinspirasi dari tugas akhir saat penelitian skripsi. Saat penelitian itu, ia menemukan bahwa atap bangunan peribadatan di Jawa khususnya Jawa Tengah itu menggunakan atap model Tajug.

Untuk dinding, yang digunakan untuk tempat peribadatan di Jawa Tengah banyak menggunakan batu andesit ataupun batu vulkanik. Sehingga, dalam desainnya itu, ia juga menggunakan dua jenis batu tersebut.

"Kebetulan saat saya skripsi, tugas akhir saya meneliti tentang atap-atap bangunan itu. Dari penelitian saya temukan bahwa atap Joglo itu untuk rumah kaum priyayi, atap pelana itu untuk kelas bawahnya dan atap Tajug itu khusus untuk tempat peribadatan. Jadi, ide desain saya ini berasal dari penelitian saat skripsi," terangnya.

Ia pun mengaku siap jika dilibatkan langsung dalam pembangunan dan juga jika diperlukan perbaikan-perbaikan.

"Kalau nanti desain ini diaplikasikan dalam bangunan, saya siap kalau ada tambahan atau penyempurnaan. Saya juga siap apabila dilibatkan dalam pembangunan fisiknya," tutup pria asli Cigandung, Bandung ini.

Untuk diketahui, desain Ade memiliki kode MAJT 012. Sedangkan juara kedua berkode MAJT 082 asal Malang dengan arsitek atap Gunungan dan juara 3 yaitu MAJT 062 dari Yogyakarta dengan desain atap Joglo terbelah.

Sayembara tersebut dibuka awal Februari 2020 lalu. Pemenangnya mendapatkan hadiah yaitu juara 1 Rp 75 juta, juara 2 Rp 50 juta, dan juara 3 Rp 25 juta.

Halaman

(rih/mbr)