Gelombang Tinggi Hantam Pantai di Gunungkidul, Puluhan Bangunan Rusak

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 20:05 WIB
Bangunan yang terdampak gelombang tinggi di Pantai Somandeng Gunungkidul
Foto: Bangunan yang terdampak gelombang tinggi di Pantai Somandeng, Gunungkidul, Jumat (29/5/2020) (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Gelombang tinggi yang menghantam pantai selatan membuat bangunan di pinggir pantai Kabupaten Gunungkidul terdampak. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul menyebut pantai yang paling parah terkena imbas gelombang tinggi adalah Pantai Somandeng.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono menyebut gelombang tinggi yang terjadi sejak hari Selasa (26/5) membuat gazebo, talut, rumah makan hingga kamar mandi di Pantai Somandeng, Desa Tepus, Kecamatan Tepus mengalami kerusakan. Beberapa bangunan lapak pun tampak diikat dengan tali agar tidak hanyut.

"Pantai yang paling parah (terkena gelombang tinggi) itu Pantai Somandeng, karena pantai di sana lapaknya terlalu dekat dengan pantai dan datarannya sangat rendah," kata Marjono saat ditemui wartawan di Pantai Baron, Jumat (29/5/2020).

"Sehingga ketika gelombang pasang membawa pasir itu dinaikkan ke tengah jalan, sehingga akses jalan untuk ke timur (pantai lainnya) sedikit terganggu," sambung Marjono.

Dia memerinci sejak Selasa (26/5) ada enam gazebo dan dua unit kamar mandi yang mengalami rusak ringan akibat hantaman gelombang tinggi. Kemudian pada Rabu (27/5) terdapat 10 gazebo rusak ringan dan 40 gazebo rusak berat.

Selanjutnya
Halaman
1 2