KLB Sukoharjo Diperpanjang 2 Bulan, Rapid Test Bakal Digelar Massal

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 19:02 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Sukoharjo -

Tingginya kasus virus Corona atau COVID-19 membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo memperpanjang status kejadian luar biasa (KLB) Corona hingga dua bulan. Dalam kurun waktu tersebut, Pemkab juga berencana menggelar rapid test massal.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan rapid test dilakukan sebagai tindakan antisipatif. Semakin cepat pemerintah tahu kondisi masyarakat, maka penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan.

"Rencananya kami akan menyelenggarakan pemeriksaan rapid test massal, supaya kita tahu sebarannya seperti apa setelah lebaran ini," kata Yunia kepada detikcom, Rabu (27/5/2020).

Rapid test akan diutamakan ke daerah dengan penyebaran kasus yang tinggi, baik di permukiman warga hingga ke pusat-pusat keramaian. Hasil tes nantinya akan dievaluasi.

"Kalau memang hasil reaktif ataupun positifnya banyak, tentu kita harus menegaskan kembali tentang protokol kesehatan. Mungkin kita tindakan yang sedikit memaksa, bagaimana aturan di pasar, di pusat perbelanjaan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2