Para Relawan di Solo Ini Sisir Kucing Liar yang Terdampak Pandemi

Kartika Bagus - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 21:16 WIB
Relawan sisir kucing liar di sejumlah tempat di Solo, Senin (25/5/2020).
Relawan sisir kucing liar di sejumlah tempat di Solo, Senin (25/5/2020). (Foto: Kartika Bagus/detikcom)
Solo -

Sejumlah relawan pecinta satwa yang tergabung dalam Cat Lover Peduli Covid-19 menyisir sejumlah pasar tradisional di Solo. Relawan memberi makan dan memeriksa kesehatan kucing liar yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19).

Aksi ini diikuti beberapa relawan di antaranya dari Rudimeong, Suara Indonesia dan Exalos Indonesia. Mereka melakukan penyisiran di beberapa pasar tradisional di Kota Solo dan juga selter-selter kucing. Seperti di Pasarlegi Banjarsari, Pasar Tanggul, Dawung, Stabelan, Ngebrusan, Widuran, Gemblegan dan Bibis Wetan.

Di Pasarlegi Banjarsari, ada beberapa lokasi persinggahan kucing liar. Salah seorang pedagang di pasar darurat Pasarlegi, Kasni N (63) mengatakan di sekitar pasar banyak kucing-kucing liar yang biasanya berkumpul pada sore hari.

"Kalau yang biasa saya kasih makan ada tiga ekor, ya saya kasih semampu dan sepunyanya makanan saya. Kadang nasi dan ikan asin, kadang juga nasi dan kerupuk," ujarnya, Senin (25/5/2020).

Relawan sisir kucing liar di sejumlah pasar tradisional di Solo, Senin (25/5/2020).Relawan sisir kucing liar di sejumlah pasar tradisional di Solo, Senin (25/5/2020). Foto: Kartika Bagus/detikcom

Di tempat inilah kemudian para relawan menitipkan beberapa bungkus makanan kucing kepada Kasni agar diberikan kepada kucing-kucing yang biasa menyambangi lapak dagangannya.

Salah seorang relawan pecinta kucing, Budi Hariyanto (51) mengatakan dirinya rutin memberi makan kucing liar tiap hari. Warga Stabelan, Banjarsari ini kerap memberikan makanan kepada kucing liar di daerah Monumen Banjarsari hingga ke Pasar Legi Solo.

"Saya biasanya memberi makan pagi dan sore, pagi sebelum berangkat kerja dan sore sepulang kerja," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2