Hadapi Arus Balik, Kendaraan Pelat Luar Via Banyumas Dialihkan Jalur Selatan

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 20:43 WIB
Poster
Ilustrasi. Foto: Edi Wahyono
Banyumas -

Untuk mengantisipasi gelombang arus balik lebaran di masa pandemi virus Corona (COVID-19), Dinas Perhubungan dan Polresta Banyumas akan mengalihkan seluruh kendaraan pelat luar Banyumas melalui jalur selatan tanpa melintasi Kota Purwokerto.

"Antisipasi arus balik dari Kota Kebumen, Yogya, Solo dan Jatim ke Jakarta. Jalan menuju Kota Purwokerto ditutup mulai dari perempatan Buntu, pertigaan Polsek Rawalo dan perempatan Wangon. Semua pemudik yang akan balik ke Jakarta diharuskan lewat jalur selatan," kata Kepala Dinas Perhubungan Banyumas, Agus Nur Hadie kepada wartawan, Senin (25/5/2020).

Untuk arus kendaraan dari jalur selatan atau dari arah Bandung menuju Kota Purwokerto akan dialihkan melalui Wijahan, Kecamatan Kemranjen.

"Pengalihan arus untuk kendaraan dari jalur selatan (Bandung-Jakarta), di pertigaan Rawalo menuju Purwokerto dialihkan ke arah Kemranjen (Rawalo-Sampang-Kemranjen). Di simpang empat Buntu, untuk kendaraan pribadi pelat luar daerah akan dialihkan melewati Wijahan (Wijahan-Somagede)," jelasnya.

Sedangkan untuk kendaraan pelat luar daerah dari arah Purbalingga ataupun Banjarnegara akan dialihkan melalui pertigaan Somagede ke arah Wijahan, Kecamatan Kemranjen. Kemudian melintas di jalur selatan.

"Di pertigaan Somagede, Banyumas tepatnya di sebelah timur Rumah Sakit Banyumas. Kendaraan pribadi pelat luar daerah dialihkan belok kanan ke arah Banjarnegara (pertigaan Somagede arah Wijahan)," ujarnya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban arus balik mudik lebaran menuju kota Purwokerto.

"Ini mengandung maksud untuk mengurangi beban arus lalu lintas menuju kota Purwokerto," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2