Kabur dari RS Jakarta, Satu Warga Positif Corona Mudik ke Brebes

Imam Suripto - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 16:23 WIB
Petugas evakuasi seorang warga Brebes positif Corona yang nekat mudik setelah kabur dari rumah sakit di Jakarta, Senin (25/5/2020).
Petugas evakuasi seorang warga Brebes positif Corona yang nekat mudik setelah kabur dari rumah sakit di Jakarta, Senin (25/5/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Seorang warga di Desa Sengon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dievakuasi petugas Gugus Tugas COVID-19 ke RSUD Brebes untuk diisolasi. Warga ini disebut kabur dan mudik saat menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta.

"Ada laporan dari Jakarta bahwa ada orang (warga Desa Sengon) yang seharusnya dirawat karena positif tapi hilang. Bisa dikatakan melarikan diri dari rumah sakit," kata Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Tanjung, Adhi Supriadi, Senin (25/5/2020).

Keterangan yang diperoleh menyebutkan, pria berinisial S (44) dilaporkan kabur saat menjalani perawatan di rumah sakit di Kemayoran, Jakarta pada 20 Mei lalu. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang ini tiba di rumah di Brebes pada 22 Mei pukul 07.00 WIB.

Saat kabur, warga itu berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan tinggal menunggu hasil swab. Tidak lama, kata Adhi, hasil swab keluar pada 23 Mei 2020 dengan hasil positif.

"Hasil swab keluar dari rumah sakit pada 23 Mei 2020 dan dinyatakan positif COVID-19," ungkapnya.

Dari keterangan yang diperoleh petugas, tiga hari sejak kedatangan di rumah keluarga, pria ini tidak melapor ke petugas Gugus Tugas desa setempat. Bahkan sempat bepergian ke sejumlah tempat.

"Selain menjalin kontak dengan anggota keluarga di rumah, S ini sempat pijat dan mendatangi seseorang untuk membayar utang. Dia juga waktu pulang satu mobil dengan empat penumpang travel lain," terang Adhi.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2