Catat! Ini Bahaya dan Ancaman Pidana Terbangkan Balon Udara Liar

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 13:33 WIB
Penampakan balon udara yang jatuh di area Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Senin (25/5/2020).
Penampakan balon udara yang jatuh di area Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Senin (25/5/2020). (Foto: Dok. AirNav Semarang)
Yogyakarta -

Pelepasan balon udara secara liar membahayakan aktivitas penerbangan. Lanud Adisutjipto Yogyakarta pun mengingatkan agar warga tidak sembarangan menerbangkan balon liar.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Ambar Rejiyati menjelaskan penerbangan balon udara liar melanggar UU No 1 tahun 2009 tentang Penerbangan dan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PPKS 101) tentang larangan menerbangkan Balon Udara di MCA atau Millitary Controlled Airspace.

"Dalam UU No 1 tahun 2009 itu disebutkan penerbangan balon udara liar akan dikenai sanksi. Yakni pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 500 juta," kata Ambar, Senin (25/5/2020).

Penampakan benda misterius di langit Solo yang jatuh di GunungkidulFoto: Penampakan benda misterius di langit Solo yang jatuh di Gunungkidul, Minggu (24/5/2020). (dok.Istimewa)

Ambar menjelaskan bahaya balon udara terhadap penerbangan dapat menyebabkan balon itu tersangkut di pesawat.

"Tersangkut di sayap, ekor, dan flight control rudder, elevator dan aileron. Pesawat akan susah dikendalikan atau kehilangan kendali," jelasnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2