Fans Didi Kempot Ini Bikin Patung Idolanya untuk Keluarga dan Dilelang

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 04:00 WIB
Fans Didi Kempot di Bantul bikin patung fiberglass idolanya
Foto: Fans Didi Kempot di Bantul bikin patung fiberglass idolanya (Pradito/detikcom)
Bantul -

Banyak cara untuk mengungkapkan kekaguman seseorang terhadap idolanya, seperti halnya Rinto Irvanda (26) yang membuat tiga patung penyanyi campursari Didi Kempot berbahan fiberglass. Nantinya, dua dari patung akan diserahkan kepada keluarga Didi Kempot sedangkan satu patung lainnya akan dilelang.

Rinto berencana untuk melelang patung Didi Kempot sebagai donasi. Hasil lelang itu bakal diberikan untuk membantu penanganan virus Corona atau COVID-19 yang tengah mewabah saat ini.

"Ini (alasan membuat patung Didi Kempot sebagai bentuk kekaguman penggemar dan idenya berasal dari saya sendiri. Selain itu patung ini kenang-kenangan buat keluarga (Didi Kempot), (kalau patung sudah jadi) akan saya kasihkan ke pihak keluarga," kata Rinto saat ditemui wartawan di studionya Logam Sakti di Dusun Jodog, Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Jumat (22/5/2020).

Rinto mengaku menyukai Didi Kempot karena sosoknya yang baik, gigih, dan pantang menyerah. Sosok Didi Kempot di matanya bisa menjadi motivasi untuk anak-anak muda saat ini, karena itu, pria yang menyukai lagu 'Banyu Langit' ini menilai almarhum sebagai sosok yang menginspirasi.

"Ketika beliau sempat tidak muncul lama dan tiba-tiba muncul lagi sambil menciptakan lagu-lagu dan terkenal lagi itulah perjuangannya, itu yang menginspirasi saya," ucapnya.

Sebelum memulai pengerjaan, Rinto sempat meminta saran dari rekan-rekannya sesama penggemar Didi Kempot dan beberapa seniman. Hal itu untuk menentukan berapa jumlah patung yang akan dibuat dan bagaimana teknis pengerjaannya.

"Rencananya kemarin mau tak buat dua, tapi ternyata kemarin ada masukan dari teman, katanya beliau (Didi Kempot) punya dua istri, jadi pihak istri pertama juga mohon dipikirkan," ucapnya.

Karena itu, Rinto memutuskan untuk membuat tiga patung. Di mana dua di antaranya akan dia lelang untuk donasi penanganan COVID-19.

"Akhirnya saya buat tiga, masing-masing saya kasihkan istri pertama dan kedua terus satunya mau dilelang. Tapi lelangnya ini sistem open donasi dan yang jelas nanti dananya (hasil lelang) akan saya sumbangkan untuk penanganan COVID-19," ucap Rinto.

Selanjutnya
Halaman
1 2