Saat Jajan Es Dawet dan Lenjongan Pasar Gede Harus Ditunda Dulu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 11:33 WIB
Pasar Gede Solo.
Foto: Pasar Gede Solo. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Libur lebaran biasa dipakai pemudik ataupun wisatawan untuk berkunjung ke Pasar Gede Hardjonagoro Solo. Tak sekadar berbelanja, pengunjung disuguhi aneka kuliner tradisional yang bikin ngiler.

Tapi sayangnya jajan di Pasar Gede harus ditunda dulu karena pandemi virus Corona atau COVID-19. Pasar yang terletak di dekat kawasan pecinan Sudiroprajan itu pun kini sudah mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Meski tak seramai biasanya, para pedagang saat ini masih tetap bertahan dengan terus berjualan. Seperti kios Es Dawet Bu Dermi, masih tetap berjualan meski tak terlihat lagi antrean pembeli.

Minuman khas dengan paduan santan, gula jawa, cendol, bubur sumsum, telasih dan ketan ireng itu memang selalu jadi sasaran wisatawan untuk mampir ngombe. Selain Bu Dermi, masih ada sejumlah kios dawet di dalam pasar.

Ada juga makanan yang mungkin bikin kangen dengan kampung halaman, yaitu lenjongan. Lenjongan terdiri dari beberapa makanan, seperti tiwul, gatot, sawut, ketan ireng, pisang ijo, cenil, jadah dan gethuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2