Malioboro, Jantung Hati Kota Yogya yang Kini Sepi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 14:51 WIB
Suasana sepinya Malioboro jelang lebaran, Kamis (21/5/2020).
Foto: Suasana sepinya Malioboro jelang lebaran, Kamis (21/5/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Para wisatawan belum dianggap sah mengunjungi Yogyakarta apabila belum mengunjungi kawasan Malioboro. Apalagi, menyusuri kawasan yang sangat terkenal di Yogyakarta ini dapat menjadi kenangan tersendiri bagi para wisatawan.

Salah satu spot favorit di kawasan tersebut adalah papan penunjuk jalan 'Malioboro' yang berada di sebelah selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. Di tempat tersebut, banyak wisatawan yang rela mengantre untuk mengabadikan momen dengan background papan tersebut.

Namun, pantauan detikcom, Kamis (21/5/2020) siang ini, di tengah wabah virus Corona atau COVID-19 Malioboro sepi. Tak ada atrean wisatawan yang ingin berfoto di papan Jalan Malioboro. Para pedagang kaki lima yang menjadi salah satu daya tarik Malioboro juga tidak menggelar lapaknya. Tampak hanya beberapa toko saja yang buka di kawasan tersebut.

Suasana sepinya Malioboro jelang lebaran, Kamis (21/5/2020).Suasana sepinya Malioboro jelang lebaran, Kamis (21/5/2020). Foto: Suasana sepinya Malioboro jelang lebaran, Kamis (21/5/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Jalan Malioboro tak pernah sepi, selalu macet terutama saat menjelang dan selama libur lebaran. Andhong dan becak yang biasanya ramai dan memadati Jalan Malioboro, kini tak terlihat.

Mengutip dari website resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, pariwisata.jogjakota.go.id dalam bahasa Sansekerta sendiri kata 'Malioboro' bermakna karangan bunga. Itu mungkin ada hubungannya dengan masa lalu ketika Keraton mengadakan acara besar maka jalan Malioboro akan dipenuhi dengan bunga.

Kata Malioboro juga berasal dari nama seorang kolonial Inggris yang bernama 'Marlborough' yang pernah tinggal disana pada tahun 1811-1816 M. Di mana pendirian jalan Malioboro bertepatan dengan pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Tonton video 'Tak Pakai Masker di Yogya, Siap-siap Kena Sanksi':

Selanjutnya
Halaman
1 2