Yakin Salah Sasaran, Istri Kadus di Bantul Kembalikan Bansos Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 15:31 WIB
Istri kepala dusun di Bantul mengembalikan bansos COVID-19 karena merasa salah sasaran, Rabu (13/5/2020).
Istri kepala dusun di Bantul (baju merah) mengembalikan bansos COVID-19 karena merasa salah sasaran, Rabu (13/5/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Seorang warga Dusun Kaligondang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul berniat mengembalikan bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial. Hal itu karena dia merasa mampu dan beberapa tetangganya yang tidak mampu malah tak mendapatkan BST.

Adalah Yustina Satini (52), wanita yang juga istri Kepala Dusun Kaligondang ini mengaku kaget saat namanya masuk dalam daftar penerima BST. Terlebih, BST tersebut terlanjur masuk ke rekening bank miliknya.

"Tahu nama saya muncul sebagai penerima BST dari Kemensos ya kaget, padahal saya ini istri Kepala Dusun Kaligondang," katanya ketika ditemui wartawan di Balai Desa Sumbermulyo, Rabu (13/5/2020).

Menurutnya, selain namanya ada empat orang warga dusunnya yang salah sasaran dalam penyaluran BST. Mengingat keempatnya tergolong warga yang mampu.

"Di dusun saya empat penerima BST yang salah sasaran, karena ada yang pensiunan PNS dan ada orang sudah meninggal malah dapat BST," ucapnya.

Merasa masih banyak warga yang lebih pantas menerima BST, Yustina berniat untuk mengembalikan uang tersebut. Namun, ketika dia hendak mengembalikannya ke pihak desa tidak bisa. Karena pihak desa menilai tidak pantas menerima pengembalian tersebut.

"Pas saya mau kembalikan ke desa, pihak desa menolak karena tidak berhak. Karena itu saya konsultasi dengan kepala desa sebaiknya dana BST saya diberikan ke siapa atau dibelikan sembako terus nanti diberikan kepada warga yang lebih membutuhkan," katanya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2