'Ngrabuk Nyawa', Eksperimen Seniman Solo Hadapi Pandemi COVID-19

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 03:45 WIB
Geladi resik konser Ngrabuk Nyawa di Rumah Banjarsari Solo, Selasa (12/5/2020).
Geladi resik konser Ngrabuk Nyawa di Rumah Banjarsari Solo, Selasa (12/5/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pandemi virus Corona (COVID-19) telah melumpuhkan sektor seni pertunjukan. Namun seniman Rumah Banjarsari Solo tak tinggal diam dengan menggelar konser 'Ngamen Onlen: Ngrabuk Nyawa'.

Konser yang digawangi komposer Gondrong Gunarto itu akan digelar Rabu (13/5/2020). Pentas musik dan tari kontemporer itu akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Rumah Banjarsari pukul 20.00 WIB.

Direktur Rumah Banjarsari, Zen Zulkarnaen, mengatakan konser tersebut adalah sebuah eksperimen para seniman terhadap media pertunjukan baru, tanpa penonton, bahkan digelar swadaya.

"Ini masih eksperimen. Bagaimana kita mendefinisikan ulang pertunjukan di era COVID-19, bahkan pasca-COVID-19," kata Zen di sela-sela geladi resik di Rumah Banjarsari, Selasa (12/5/2020).

Rumah Banjarsari membuka donasi selama pertunjukan berlangsung. Hasil dari donasi tersebut, 80 persen akan digunakan untuk membiayai produksi konser, sisanya untuk lumbung pangan komunitas Rumah Banjarsari.

"Kita ada program Lumbung Solidaritas. Ini upaya kita karena seniman sangat terdampak COVID-19. Dengan lumbung pangan ini kita harapkan mereka tetap bisa bertahan di tengah kondisi ini," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2