Mbah Minto 'Eksyen' di Dagelan Jaga Jarak Tanpa Ucup, Ini Alasannya

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 11:40 WIB
Mbah Minto beraksi lagi, kali ini kampanye jaga jarak
Foto: Mbah Minto beraksi lagi, kali ini kampanye jaga jarak (tangkapan layar IG ucup_jbsklaten)
Klaten -

Mbah Minto (70) dari Klaten kembali tampil di dagelan terbaru yang mengkampanyekan pentingnya jaga jarak saat pandemi virus Corona atau COVID-19. Namun dalam video terbaru tersebut, Mbah Minto tidak tampil bersama Muhammad Sofyan alias Ucup sang kreator yang tampil di video sebelumnya. Mengapa?

"Lha kan sesuai konten yang sejak awal saya buat selama ini, posisi saya ceritanya kan masih di Jakarta," ungkap Ucup pada detikcom, Selasa (12/5/2020).

Ucup menjelaskan selama membuat video konten dengan Mbah Minto, skenarionya memang dirinya tidak mudik. Sehingga apabila di video baru itu dia muncul, menurutnya akan menjadi aneh.

"Dalam konten video saya selama ini saya kan masih di Jakarta, belum mudik. Nanti kalau saya tahu-tahu mudik tidak gayeng no (tidak seru dong)," sambung Ucup.

Dia menilai jika dia muncul di video dagelan jaga jarak, maka akan membuat cerita menjadi berbeda. Pesan yang hendak disampaikan sejak awal membuat video Dagelan yang dimulai dengan kampanye jangan mudik, tidak mengena.

"Saya mengimbau tidak mudik tapi kenapa saya tahu-tahu mudik, kan aneh. Kalau urut untuk segi pesan dari video saya kan jadi rapi, urut semua jadi rapi tidak meloncat-loncat" terang Ucup.

Menurut Ucup, untuk membuat cerita video dagelannya urut dan rapi ceritanya sejak awal, maka posisinya diceritakan masih di Jakarta dan tidak mudik. Termasuk suasana rumah kontrakan.