Siapa Nama Asli Didi Kempot Pemberian Orang Tua? Ini Kata Adiknya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 11:38 WIB
s
Identitas diri Didi Kempot / ist
Solo -

Penyanyi campursari Didi Kempot disebut-sebut memiliki nama asli Dionisius Prasetyo. Pihak keluarga meluruskan, bahwa nama tersebut bukanlah nama asli superstar campursari itu semenjak kecil yang diberikan oleh orang tuanya.

Eko Gudel, adik Didi dari lain ibu, memberikan penjelasan. Menurutnya nama asli yang diberikan orang tua untuk kakaknya itu adalah Didik Prasetyo. Seperti umumnya di Jawa, nama dan penulisan Didik lebih lazim dipakai dari pada nama Didi.

Perubahan penulisan menjadi Didi setelah penyanyi kenamaan tersebut mulai menekuni dunia musik di Jakarta.

"Seingat saya namanya Didik Prasetyo. Kalau dulu kan jarang nama Didi. Kalau Dionisius, saya nggak tahu kok bisa muncul," ujar Eko saat berbincang dengan detikcom, Selasa (12/5/2020).

Perihal sebutan 'Kempot' yang kemudian beken sebagai nama panggung Didi, Eko mengatakan bahwa nama itu merupakan grup musik kakaknya ketika ngamen di jalanan Jakarta. Kempot merupakan singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar.

Namun dipaparkan Eko, bahwa ketika hidup di jalanan Jakarta, perawakan Didi memang kurus kerempeng dan pipinya terlihat tirus atau dalam bahasa jawa disebut kempot. "Dulu memang kurus, jadi sangat tirus (pipinya). Entah kebetulan atau memang jodoh. Tapi namanya malah bawa hoki," lanjutnya.

Tonton juga 'Kenangan Indah Istri dan Pesan Terakhir Didi Kempot ke Anak':

[Gambas:Video 20detik]