Bertambah 9, Klaster Ijtima Gowa Asal Sragen Positif Corona Jadi 21 Orang

Andika Tarmy - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 19:28 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona di Jateng (Foto: Edi Wahyono)
Sragen -

Sembilan warga Kabupaten Sragen peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Dengan penambahan ini, jumlah kasus positif COVID-19 di Sragen dari klaster ijtima Gowa menjadi 21 kasus.

"Hasil swab dari 17 peserta ijtima Gowa keluar hari ini. Hasilnya sembilan orang dinyatakan positif, sementara sisanya negatif," ujar Sekda Sragen, Tatag Prabawanto saat dihubungi detikcom, Jumat (8/5/2020).

Tatag menjelaskan dari hasil tracing tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sragen, terdata 37 peserta ijtima Gowa yang hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif. Ke-37 warga tersebut sudah menjalani karantina mandiri di gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) sejak Senin (27/4), dan seluruhnya sudah menjalani tes swab.

Pada swab test gelombang pertama, diikuti delapan peserta Ijtima Gowa, dengan hasil tujuh positif dan satu negatif. Gelombang kedua, dari delapan peserta swab satu dinyatakan positif dan tujuh negatif.

"Hari ini dari 17 swab, sembilan dinyatakan positif. Sehingga total peserta ijtima Gowa dengan status positif yang saat ini menjalani karantina di gedung SMS berjumlah 17 orang. Seluruhnya laki-laki. Ditambah temuan sebelumnya, total kasus dari ijtima Gowa menjadi 21 kasus," ujar Tatag.

Sementara 17 peserta ijtima Gowa yang hasil swab-nya positif, akan tetap dikarantina di gedung SMS bersama tiga peserta ijtima lain yang hasil swab-nya belum keluar. Untuk mencegah penularan, peserta yang positif ini menempati ruangan yang berbeda.