Perayaan Waisak di Candi Borobudur Tahun Ini Ditiadakan

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 14:37 WIB
Suasana Candi Borobudur sepi karena adanya pembatasan pengunjung mulai hari ini, Senin (16/3) sampai Minggu (29/3). Pengunjung pun hanya bisa melihat kemegahan bangunan itu dari bawah di luar pagar zona 1.
Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Perayaan Waisak di Candi Borobudur dan Candi Mendut, Kabupaten Magelang tahun ini ditiadakan karena pandemi virus Corona atau COVID-19 belum mereda. Untuk itu, umat diimbau merayakan dan bersembahyang Waisak di rumah masing-masing.

"Perayaan di Borobudur dan Mendut ditiadakan. Ya alasannya masih dalam suasana COVID-19, jadi imbauan dari pemerintah karena untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran dari COVID-19 itu, makanya salah satunya itu," kata Penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Magelang Kantor Kemenag Kabupaten Magelang Saring saat dihubungi wartawan, Rabu (6/5/2020).

Saring menjelaskan, rangkaian pengambil air suci di Jumprit, Kabupaten Temanggung dan pengambilan api dari Grobogan juga ditiadakan. Tak hanya itu, arak-arakan atau pradaksina di Candi Borobudur juga tidak diadakan. Ceramah keagamaan, lanjutnya, akan dilaksanakan secara online.

Selanjutnya
Halaman
1 2