Kasus Positif Corona Bertambah Signifikan, Brebes Segera Terapkan PKM

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 11:49 WIB
Bupati Brebes, Jawa Tengah Idza Priyanti
Bupati Brebes Idza Priyanti. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Jumlah warga terpapar virus Corona atau COVID-19 di Brebes, Jateng, bertambah siginifikan. Hari ini Bupati Brebes mengumumkan ada tambahan 15 orang warganya yang positif Corona. Untuk mencegah penyebaran Corona semakin meluas, Pemkab akan segera memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

"Untuk mencegah penularan lebih luas, pemerintah akan memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Nanti akan diperkuat dengan Perbup," demikian disampaikan oleh Bupati sekaligus Ketua Gugus Tugas COVID-19 Brebes, Idza Priyanti, kepada wartawan di Kantor Setda Brebes, Selasa (6/5/2020).

Seperti diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Brebes mengumumkan warga yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona bertambah menjadi 16 orang. Semuanya adalah almuni Ijtima Ulama Gowa Sulawesi Selatan.


Idza Priyanti mengatakan pada Senin yang lalu, alumni Ijtima Gowa yang diketahui positif Corona sesuai hasil uji swab masih satu orang. Hari ini ada penambahan 15 orang yang positif sehingga jumlah total sebanyak 16 orang.

"Berdasarkan hasil uji swab, jumlah warga yang positif COVID-19 hingga hari ini sebanyak 16 orang. Semuanya adalah alumni Ijtima Ulama Gowa," ujar Idza Priyanti.

Ada sebanyak 57 alumni Ijtima Gowa asal Brebes. Setelah menjalani rapid test, 23 orang di antaranya reaktif. Mereka kemudian menjalani tes swab.

Dari 23 orang yang sudah menjalani tes swab, baru 21 orang yang sudah keluar hasilnya. "Hasil uji swab ternyata ada 16 positif, lima negatif dan dua hasilnya belum keluar," ungkap Idza.

Situasi Corona Extraordinary, Jokowi: Harus Bergerak Cepat:

(mbr/sip)