Jadi Terbaik Nasional, Ini Inovasi yang Dilakukan Kabupaten Temanggung

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 03:02 WIB
Alun-alun Temanggung.
Alun-alun Temanggung. (Foto: Istimewa)
Temanggung -

Kabupaten Temanggung meraih penghargaan pembangunan daerah (PPD) 2020 kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten. Raihan penghargaan tersebut dicapai karena inovasinya mengenai pengentasan kemiskinan yang melibatkan masyarakat luas.

Penghargaan tersebut diumumkan bersamaan dengan Musrenbangnas 2020 yang diselenggarakan melalui video conference, Kamis (30/4) lalu. Untuk tahun ini, Kabupaten Temanggung memperoleh titel terbaik pertama, sedangkan pada tahun lalu terbaik kedua.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo mengatakan, inovasi yang dilakukan banyak sekali, namun yang diajukan ke pusat hanya satu inovasi.

"Sebenarnya banyak sekali yang dilakukan, tetapi kan yang diajukan ke sana hanya satu inovasi dipilih oleh daerah diajukan ke pusat. Penilaiannya tidak hanya inovasi saja, tetapi yang pertama adalah dokumennya sendiri dinilai seberapa baik, dokumennya dibuat, dipertimbangkan segala sesuatunya," kata Ripto saat dihubungi, Senin (4/5/2020).

Selain mengenai dokumen, kata dia, penilaian juga kepada hasil-hasil pembangunan yang dicapai. Hasil pembangunan itu kemudian dibandingkan dengan capaian Provinsi Jawa Tengah maupun nasional.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2