Dana Perawatan Satwa di Semarang Zoo Hanya Cukup untuk 3 Bulan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 15:20 WIB
Gajah koleksi Semarang Zoo, 4/5/2020
Gajah koleksi Semarang Zoo (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang -

Kebun Binatang Semarang atau Semarang Zoo di Mangkang diperkirakan masih bisa bertahan sekitar dua sampai tiga bulan ke depan. Selain dari anggaran yang ada, Semarang Zoo bertahan berkat bantuan pecinta satwa.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) mengatakan Kebun Binatang yang merupakan perusahaan daerah itu terkena dampak pandemi COVID-19 atau Corona.

"Semarang Zoo itu kan dapatkan pendapatan dari warga yang masuk, sekarang ditutup kan tidak ada pendapatan yang masuk," kata Hendi di kantornya, Senin (4/5/2020).


Ia menjelaskan sudah bertemu dengan pimpinan Semarang Zoo dan mereka meminta izin menggunakan dana cadangan untuk memberi makan koleksi hewan di sana.

"Digunakan untuk berikan makanan hewan peliharaan. Bertahan sampai kapan? Paling sekitar 3 bulan," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Bonbin Mangkang, Syamsul Bahri Siregar mengatakan saat ini hewan-hewan di sana masih makan sesuai dengan porsinya. Bantuan sudah datang dari Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI).

"Masih makan sesuai porsi, kita ada beberapa bantuan, dari PKBSI 300 kg daging ayam, 10 ton rumput, 10 sak pelet, dan ada juga beberapa dari pecinta hewan," jelas Syamsul.


Ia menjelaskan menerima bantuan jika ada yang ingin memberikan bantuan pangan kepada 286 ekor hewan di sana. Syamsul bersyukur masih banyak pecinta satwa yang peduli namun ia berharap pandemi ini segera berakhir.

"Bila mau donasi silakan, kami tidak menutup. Kami bisa terima daging atau rumput," jelasnya.

Simak video Imbas Corona, Kehidupan Satwa TSTJ Solo Hanya Bertahan Hingga Juli:


Selanjutnya
Halaman
1 2