ADVERTISEMENT

Pemda DIY Keluarkan SE Pemeriksaan Massal Corona di 3 Kabupaten

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 03 Mei 2020 17:10 WIB
Tangkapan layar SE Gubernur DIY No 433/7157 tentang permohonan pemeriksaan massal COVID-19.
(Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Kendati demikian, Biwara belum bisa memastikan apakah DIY akan ikut mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, dia menyebut DIY siap jika akhirnya harus melaksanakan PSBB.

"Ya kalau memang dari data dan sebagainya itu memungkinkan dan sudah menjadi alasan yang memadai untuk PSBB tidak ada kata siap dan tidak siap, tapi harus siap. Tapi kan kita lihat datanya dulu (memenuhi syarat atau tidak jika mengajukan PSBB)," katanya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis mengaku akan menindaklanjuti SE tersebut. Mengingat saat ini pihaknya tengah gencar melaksanakan screening dan rapid test.

"Tentu (Surat) edaran dari Ketua Gugus Tugas (COVID-19 DIY) akan kami tindaklanjuti, apapun perintahnya kita tindaklanjuti," ujarnya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (3/5/2020).

"Karena kami memang sekarang ini tengah melakukan screening-screening yang pertama kepada komunitas-komunitas yang banyak melakukan aktivitas di tengah kerumunan masyarakat, seperti sudah kita lakukan kepada seluruh wartawan, kemudian anggota BPBD, PMI, Forkompimcam, Forkompimda, Kepala ODP dan sebagainya," lanjut Helmi.


Bahkan, beberapa hari lagi pihaknya akan melaksanakan screening terhadap masyarakat dengan kriteria khusus. Selain itu, pihaknya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul akan melanjutkannya dengan menggelar rapid test.

"Kemudian pada hari Selasa (5/5) kami akan melaksanakan screening kepada warga masyarakat secara umum. Kami membuka hotline pendaftaran, khususnya kepada mereka yang melakukan perjalanan (ke zona merah)," ujar Helmi.


(mbr/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT