Dinkes: 36 Peserta Ijtima Gowa Asal Jateng Positif Corona

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 25 Apr 2020 13:00 WIB
Corona virus: vial with pipette in laboratory
Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Bill Oxford
Semarang -

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mencatat saat ini 36 peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan asal Jateng positif virus Corona atau COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo menjelaskan dari data yang diperoleh hingga Jumat (24/4) kemarin, ada 36 peserta Ijtima Gowa asal Jateng yang positif Corona dan tersebar di berbagai kabupaten.

"Sampai tanggal 24, yang terindikasi klaster Gowa 36 kasus," kata Yulianto dalam video siaran persnya, Sabtu (25/4/2020).

Sebelumnya, Yulianto mengungkapkan ada sekitar 1.500 warga Jateng yang menjadi peserta Ijtima Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan pada Maret lalu. Gubernur Ganjar Pranowo sudah mengimbau agar peserta Ijtima Gowa asal Jawa Tengah agar melapor untuk memudahkan tracing.

"Di kabupaten/kota semua melakukan tracing penelusuran siapa yang ikut episentrum-episentrum, ada Bogor, yang seminar itu dan seminar gereja. Kemarin dari Gowa, Ijtima Ulama mereka pulang dan ada data yang diberikan kita untuk dites," kata Ganjar di rumah dinasnya di Semarang, Senin (20/4).

"Tolong jujur, tolong cerita, kalau diam-diam akan bahaya, jujur itu penting, kalau perlu sekarang ngacung (tunjuk jari) yang dari Gowa atau episentrum lain, tolong dengan kesadaran diri untuk melapor bahwa dari sana, bantu kami. Lapor kepada rumah sakit, Dinkes, minimal RT RW yang terdekat," sambung Ganjar.

Tonton juga video Satgas Covid di Polman Adu Mulut dengan Warga Terkait Larangan Salat Jumat:

(alg/rih)