Pandemi Corona

Perupa Asal Magelang Ini Barter Karya dengan Sembako untuk Bantu Warga

Eko Susanto - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 19:48 WIB
Karya lukis Ismanto yang dibarter dengan bahan pangan, Senin (20/4/2020).
Karya lukis Ismanto yang dibarter dengan bahan pangan, Senin (20/4/2020). (Foto: Dokumentasi Ismanto)
Magelang -

Seorang perupa dari Kabupaten Magelang, Ismanto (52), memiliki cara tersendiri untuk membantu warga yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Ismanto membarter hasil karyanya berupa lukisan dan patung dengan bahan pangan atau sembako untuk kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

"Sekilas dilihat aneh atau lucu atau mencari sensasi. Saya melihat dampak COVID-19 ini belum diketahui akan sampai kapan. Saya memiliki karya melakukan barter dengan bahan pangan, kemudian orang barter memiliki pengalaman batin yang humanis ada nilai pendewasaan nalar, kejujuran, menghargai dan bersimpati," kata Ismanto saat dihubungi, Senin (20/4/2020).

Perupa yang tinggal di lereng Merapi, tepatnya di Dusun Ngampel, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang tersebut mengaku tak memiliki harta yang berlebih. Ia mengaku hanya memiliki lukisan dan pahatan patung. Sehingga ia bermaksud membantu warga yang terdampak pandemi Corona ini dengan karya lukis dan patung tersebut.

Adapun yang dipilih dengan metode barter bahan pangan pokok seperti beras, gula, minyak dan lainnya. Dengan barter ini Ismanto juga menyebutkan tidak bermaksud mencari untung.

Ismanto mengaku barter karya lukisan dan patung pahatannya telah diumumkan secara terbuka melalui media sosial maupun teman-temannya.

Hingga saat ini sudah ada dua orang yang ingin membarter tiga karya lukisannya, yaitu warga Jakarta dan warga Purworejo.