Pandemi Corona

Heboh #UNSAprilMop, Mahasiswa Protes Subsidi Pulsa 10 GB Jadi Rp 50 Ribu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 15:03 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Kamis (5/10/2017).
Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) (Foto: dok. Bayu Ardi)
Solo -

Media sosial Twitter sempat ramai oleh tagar #UNSAprilMop dalam beberapa hari terakhir. Tagar tersebut berkaitan dengan pemberian bantuan pulsa kepada mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk pembelajaran daring imbas pandemi virus Corona (COVID-19).

April Mop dalam tagar tersebut mengacu pada tradisi membuat tipuan atau jebakan kepada orang lain sebagai bahan bercandaan. Tradisi tersebut diperingati tiap 1 April dan biasa dilakukan orang Barat.

Sedangkan April Mop dalam hal ini dikaitkan dengan surat edaran (SE) Rektor UNS yang terbit pada 1 April 2020. Isinya antara lain terkait janji pemberian bantuan paket data internet sebesar 10 GB untuk tiap mahasiswa.


Namun, pada 6 April 2020, terbit kembali SE yang merevisi edaran sebelumnya. Sebelumnya paket data internet tertulis 10 GB, lalu diubah menjadi 'paket data dan/atau pulsa sebesar kurang lebih setara 10 GB'.

Sejumlah warganet yang diduga mahasiswa UNS menyampaikan protes karena mereka memperoleh pulsa Rp 50 ribu.

Seperti akun @kkrs*** yang bercuit "dari 10 GB jadi 50k-_-. twitter please do ur magic! #UNSAprilmop."

Kemudian akun @BEM****UNS_ yang bercuit "Katanya dapet 10 gb tapi yang masuk 50k, kita kena #UNSAprilMop !!!!!!!!! @11MaretUniv tolong jangan boong lagi yak (:"

Curhat Mahasiswa di Polman: Kehujanan Cari Sinyal Demi Kuliah Online:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3