Warga Lereng Merapi Klaten Tak Dengar Dentuman Seperti di Sleman

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 11:41 WIB
Gunung merapi hari ini cerah, (10/11/2019).
Pemandangan Gunung Merapi pada 10 November 2019. Ilustrasi. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Warga di lereng Gunung Merapi dan Perbukitan Seribu di Klaten tidak mendengar bunyi dentuman seperti yang terjadi di Sleman. Warga masih beraktivitas seperti biasa.

"Belum dengar ada warga yang cerita soal itu (dentuman). Padahal ini banyak warga kumpul di rumah saya," kata Kaur Perencanaan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu kepada detikcom, Selasa (14/4/2020).

Menurut Jainu, jika kejadiannya pukul 03.00 WIB kemungkinan banyak warga sudah terlelap. Namun biasanya ada warga yang berjaga dan belum ada kabar bunyi dentuman.


Ketua RT 16/ RW 6 Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Jenarto juga mengaku tidak mendengar ada dentuman atau gemuruh. Warga tetap tenang. "Tidak ada yang mendengar dentuman atau gemuruh," jelas Jenarto pada detikcom.

Saat aksi donor darah relawan di balai desa, lanjut Jenarto juga tidak ada warga yang mengaku mendengar dentuman. Warga biasa saja tidak terpengaruh.

"Ini relawan dan warga desa malah donor darah. Buat membantu ketersediaan darah di masa pandemi Corona atau COVID-19," sambung Jenarto.
Seorang warga lainnya, Martono yang sedang di pos pendakian Sapu Angin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang mengatakan hal yang sama. "Warga tidak ada yang mendengar," ungkap Martono saat dihubungi detikcom.

Penjelasan Badan Geologi soal Erupsi Anak Krakatau dan Dentuman:

Selanjutnya
Halaman
1 2