Dentuman Misterius di Sleman, PLN: Tak Ada Laporan Trafo Meledak

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 11:32 WIB
Tlogo Putri di Kaliurang
Ilustrasi. Kawasan wisata Kaliurang, Sleman. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman -

Sebagian warga di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendengar suara dentuman keras misterius dini hari tadi. PLN Yogyakarta mengungkap tak ada laporan trafo meledak pada saat dentuman itu terdengar.

"Karena di PLN tidak ada laporan trafo meledak atau gangguan daerah tersebut. Sampai saat ini belum ada laporan," ujar pejabat Humas PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta Rina Wijayanti saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (14/4/2020).

Suara dentuman itu didengar sebagian warga yang tinggal di sekitar Jalan Kaliurang, Sleman. Salah seorang warga, Patricia (30) mengungkap dirinya mendengar dentuman misterius itu pada sekitar pukul 03.10 WIB.

Patricia sempat mengira suara itu berasal dari Gunung Merapi.

"Saya dengar bunyi gemuruh kenceng. Rumah saya di Jakal KM 8. Suara gemuruhnya cukup kencang," ujar Patricia saat dihubungi wartawan pagi tadi.

Diwawancara terpisah, seorang warga yang tinggal di Jalan Kaliurang KM 6, Huda (24) mengungkapkan kesaksian serupa. Dia mengaku kaget dengan suara itu hingga terbangun dari tidurnya. Durasi suara dentuman itu, kata Huda, sekitar 5 detik. Menurutnya, suara tersebut mirip gemuruh petir tapi sangat keras.

"Suaranya seperti gemuruh petir. Gludug, gludug, gludug, seperti itu," tutur Huda saat dihubungi detikcom tadi pagi.

Penjelasan Badan Geologi soal Erupsi Anak Krakatau dan Dentuman:

Selanjutnya
Halaman
1 2