Pandemi Corona

Hari Ini Diperkirakan Puncak Mudik, Pemkab Batang Siapkan Karantina

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 19:12 WIB
Rumah Karantina di Desa Ujungnegoro Batang
Rumah karantina pemudik di Desa Ujungnegoro, Batang. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Batang -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai dilakukan hari ini. Tidak sedikit warga yang lebih memilih untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing. Antisipasi gelombang pemudik, Pemkab Batang akan memaksimalkan rumah-rumah karantina mandiri yang sudah ada di setiap desa.

Dalam pantauan detikcom di Desa Sadar COVID-19 yakni di Desa Ujungnegoro, Batang, telah menyiapkan bangunan rumah yang berukuran 10 m x 7 m untuk rumah karantina bagi pemudik maupun tamu dari luar kota. Rumah karantina ini bisa menampung 20 warga yang datang dari luar kota, sebelum kembali ke rumah masing-masing.

"Kita siapkan rumah ini untuk karantina pemudik sebelum masuk ke rumah masing-masing. Ya bisa menampung 20-an pemudik," kata Kepala Desa Ujungnegoro, Absah Erviana, kepada detikcom, Jumat (10/4/2020).


Pemudik akan menempati rumah karantina setelah dilakukan pemeriksaan. Bila rumah karantina penuh akan disiapkan rumah warga yang kosong. Selesai dikarantina warga baru diperkenankan pulang ke rumah masing-masing.

Rumah karantina dibersihkan kembali dengan disemprot disinfektan dan tempat tidur di jemur untuk persiapan penggunaan kembali oleh pemudik lainnya. "Pemudik biasanya komunikasi dengan pihak keluarga terlebih dahulu. Jadi setelah disiapkan semuanya baru masuk ke desa ini," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3