Ratusan ODP dan PDP Corona Dapat Sembako, Pemkab Klaten: Harus Optimistis!

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 16:10 WIB
Warga kasus Corona di Klaten terima bantuan sembako
Warga kasus Corona di Klaten menerima bantuan sembako. (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -
Sebanyak 517 kasus virus Corona atau COVID-19 di Klaten menerima bantuan sembako. Warga yang terdiri atas orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) Corona itu diminta bersikap optimistis dan menaati anjuran pemerintah soal physical distancing.

"Diharapkan warga tetap semangat dan penuh optimisme pada masa pandemi Corona ini sehingga tidak sakit dan yang sakit penyakitnya segera sembuh. Bagi warga yang berstatus ODP dan PDP, ikuti petunjuk dari pemerintah dan petugas medis," kata Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona Kabupaten Klaten Sri Mulyani saat penyaluran sembako secara simbolis di kantor Kecamatan Klaten Selatan, Rabu (8/4/2020).

Mulyani mengatakan sembako dari Pemkab Klaten itu untuk membantu warga terdampak virus Corona. Dia berharap warga yang menjadi ODP mengisolasi mandiri.

"Warga ODP agar mengisolasi diri secara mandiri sesuai petunjuk pemerintah dalam penanganan COVID-19. Dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menerapkan social distancing dan physical distancing sehingga tidak tertular virus Corona," ujar Bupati Klaten itu.

Mulyani menyebut dana penanganan virus Corona ini berasal dari pergeseran anggaran di Klaten. Hingga saat ini sudah terkumpul sekitar Rp 57 miliar.

"Di antaranya untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi dokter dan tenaga medis, pengadaan sembako, dan disinfektan untuk mencegah virus Corona," ucap Mulyani.