Pulang dari Jakarta, 1 Warga Banjarnegara Positif Virus Corona

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 23:32 WIB
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono saat jumpa pers, Sabtu (4/4/2020).
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono saat jumpa pers, Sabtu (4/4/2020). (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Seorang laki-laki warga Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Pasien berusia 57 ini memiliki riwayat bekerja di Jakarta.

"Pasien memiliki riwayat bekerja di Jakarta. Saat pulang kondisinya kurang sehat, kemudian sempat berobat di RSU Banjarnegara. Pada waktu itu kondisinya baik, tetapi hasil tes swab yang dikirim ke Yogyakarta, hasilnya positif COVID-19," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat jumpa pers di rumah dinasnya, Sabtu (4/4/2020).

Saat ini, pasien berada di rumah singgah yang telah disediakan khusus untuk pasien tersebut. Rumah singgah tersebut berada jauh dari permukiman warga. Untuk itu, ia mengimbau kepada warga untuk tidak perlu khawatir.

"Kami imbau, agar masyarakat ini tidak mencoba mencari tahu identitas pasien. Ini akan menimbulkan keresahan, karena kami menjaga identitas pasien dan keluarga. Jika pasien ini berasal dari wilayah anda, juga tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ditempatkan di rumah singgah," terangnya.

Budhi juga menyampaikan, berdasarkan hasil tracking adanya satu pasien positif COVID-19, ada 4 orang yang dilakukan pemeriksaan rapid test. Dari hasil pemeriksaan rapid test 1 orang dinyatakan positif, sedangkan 3 lainnya negatif.

"Untuk satu orang yang rapid test-nya positif ini akan ditindak lanjuti dengan pemeriksaan swab," ujarnya.

Ia juga mengingatkan, agar warga yang baru perjalanan dari luar kota untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Selain itu juga menghindari salaman, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah.

"Kami terus mengingatkan untuk jaga jarak antara 1,5 meter sampai 2 meter. Dan jika ada gejala segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat," imbaunya.

(rih/rih)