Diatur dalam SK Bupati: Tak Pakai Masker di Banyumas, Didenda!

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 11:55 WIB
SK Bupati Banyumas terkait Kewajiban memakai masker
Foto: Arbi Anugrah/detikcomSK Bupati Banyumas terkait Kewajiban memakai masker. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) Bupati Banyumas Achmad Husein menerbitkan Surat Keputusan (SK) wajib penggunaan masker saat berada di daerah Kabupaten Banyumas. Abai dengan aturan itu, siapapun akan dikenai denda.

Melalui SK tersebut dibentuk tim pemantau yang akan selalu berpatroli dan menindak warga yang ketahuan tidak menggunakan masker. SK tersebut dikeluarkan pada 31 Maret 2020, namun dalam beberapa hari terakhir masih akan dilakukan edukasi kepada masyarakat melalui masa uji coba.

"Iya, tidak serta merta, kita edukasi dulu. (Sanksinya) Saya cenderung ke denda," kata Bupati Banyumas Achmad Husein dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Sabtu (4/4/2020).


Terkait nominal denda, Bupati masih aka mendiskusikan terlebih dahulu dengan DPRD setempat. "Angkanya nantilah. Saya diskusikan dengan DPRD dulu," ujarnya.

Dalam masa edukasi ini, Pemkab mempersiapkan pengadaan masker untuk dibagikan kepada masyarakat Banyumas secara gratis. Masa uji coba akan berlangsung sepekan dilanjutkan penerapan sanksi. "Kita bagikan masker gratis dulu. Masa percobaan juga ada, 1 minggu. Tahap satu, 1 juta masker," jelasnya.

Keren! Penyandang Disabilitas Memproduksi Masker di Makassar:


Selanjutnya
Halaman
1 2