MUI Jateng: Tidak Ada Alasan Menolak Jenazah Pasien Corona

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 21:14 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Semarang -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menegaskan proses pemakaman yang dilakukan kepada pasien virus Corona (COVID-19) sudah sesuai syariat dan aman. Sehingga tidak ada alasan bagi siapapun menolak jenazah pasien Corona.

Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Darodji mengatakan pihaknya sudah mengetahui proses pemulasaran jenazah pasien Corona mulai dari menyucikan jenazah hingga pemakaman.

"Yang sudah dilakukan dalam pemulasaran jenazah sudah syari, bahkan di peti dimiringkan ke kanan, jadi ketika dimakamkan sudah menghadap kiblat," kata Darodji, Jumat (3/4/2020).

"Dari uraian dokter, dan saya menyaksikan juga video paramedis dalam menangani jenazah, semuanya sesuai syariat dan aman. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk menolak. Karena hukumnya adalah fardu kifayah. Kalau ada satu menolak, maka semuanya akan berdosa," kata Fadlolan.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jawa Tengah, Fadlolan Musyafa menambahkan, protokol perlakuan terhadap jenazah pasien Corona sudah dilakukan sehingga menghindarkan penularan virus kepada keluarga dan orang di sekitar.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2