Bupati Pastikan Jenazah Pasien Corona Ditolak Warga Sudah Dimakamkan

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 15:59 WIB
Bupati Banyumas gali makam jenazah pasien Corona yang viral ditolak warga, Rabu (1/4/2020).
Bupati Banyumas Achmad Husein saat menggali makam pasien Corona yang ditolak warga. (Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Banyumas -

Bupati Banyumas Achmad Husein memastikan jenazah pasien virus Corona yang sempat ditolak warga sudah dimakamkan. Husein memilih tidak mengungkap lokasi pemakaman, tapi akan berfokus pada edukasi warga agar peristiwa yang sama tak terjadi lagi.

"(Jenazah) sudah, sudah dimakamkan. Cuma tempatnya saya kan harus edukasi dulu semuanya, karena kan kita terlambat edukasi masyarakat tentang jenazah orang yang kena virus itu tidak menyebarkan penyakit," kata Husein saat dihubungi detikcom, Kamis (2/4/2020).

Husein mengaku sedang berusaha memberi sosialisasi kepada warga bahwa jenazah pasien virus Corona yang sudah dimakamkan dengan prosedur ketat tidak berbahaya. Dia mengaku tidak memperkirakan sampai akan ada penolakan dari warga terhadap jenazah pasien virus Corona.

"Nah, ini yang mereka tidak tahu, kemudian saya harus edukasi masyarakat, saya sosialisasi, ini yang terlambat. Mungkin karena kita tidak pernah berpikir ke arah situ. Begitu ada kejadian, baru...," jelasnya.

Dia mengatakan penolakan warga yang videonya viral kemarin menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk semua pihak.

Bupati Banyumas Bicara soal Jenazah Pasien Corona Ditolak Warga:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2