200 Warga Kota Magelang Bakal Jalani Rapid Test Corona

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 20:33 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Sri Harso
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Sri Harso (dok. Ist)
Magelang -

Sebanyak 200 warga Kota Magelang, Jawa Tengah bakal mengikuti rapid test virus Corona atau COVID-19. Sebanyak 400 rapid test Corona sudah dipesan dari distributor.

"Untuk masyarakat, kami kemarin sudah pesan untuk rapid test ke distributor dan dijanjikan, insyaallah minggu depan akan datang. Kami pesan, 400 pemeriksaan, dengan pemeriksaan 400 itu nanti bisa meriksa 200 orang, karena satu orangnya diperiksa dua kali," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Sri Harso kepada wartawan secara daring di Command Center Pemkot Magelang, Rabu (1/4/2020).

Sri menuturkan pihaknya bakal menyeleksi 200 warga yang bakal mengikuti rapid test Corona tersebut. Peserta rapid test virus Corona ini bakal diutamakan kepada orang yang berkontak langsung dengan pasien positif Corona. Namun, dia belum memastikan kapan rapid test ini bakal dimulai.

"Insyaallah, nanti minggu depan kalau memang sudah datang, akan kita seleksi siapa yang butuh tes, siapa yang tidak. Di puskesmas cuma dapat jatah rata-rata 10, padahal yang kontak dengan pasien, baik yang PE (penyelidikan epidemiologi) di puskesmas lebih dari itu," urainya.

"Sehingga akan kami utamakan yang di lini depan dulu. Baru lini depan rampung, tadi yang ODP atau kita yang OTG (orang tanpa gejala), kita akan tes juga," sambungnya

Selanjutnya
Halaman
1 2