Pandemi Corona

Jalan Utama Solo-Sukoharjo Ditutup Saat Malam Hari

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 22:39 WIB
Jalan utama Solo-Sukoharjo, Jalan Ir Soekarno Solo Baru, ditutup saat malam selama tujuh hari, Selasa (31/3/2020).
Jalan utama Solo-Sukoharjo, Jalan Ir Soekarno Solo Baru, ditutup saat malam selama tujuh hari, Selasa (31/3/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sukoharjo -

Jalan utama penghubung Solo dan Sukoharjo, yakni Jalan Ir Soekarno Solo Baru bakal ditutup saat malam hari. Penutupan akan berlangsung dalam tujuh hari, terhitung sejak malam ini, Selasa (31/3/2020).

Pantauan detikcom pukul 21.45 WIB, jalan mulai ditutup dari patung Bung Karno hingga patung Pandawa. Kedua ujung jalan ditutup dengan barikade.

Tampak petugas kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan berjaga di kedua akses masuk. Beberapa petugas tampak berpatroli di sepanjang jalan itu.

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Marwanto mengatakan, penutupan jalan dilakukan untuk mengurangi aktivitas masyarakat yang tidak perlu. Diharapkan masyarakat beristirahat di rumah.

"Jalan ditutup mulai pukul 21.00 WIB sampai 06.00 WIB selama tujuh hari. Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19)," kata Marwanto.

Jalan tersebut dipilih karena merupakan akses utama penghubung Solo-Sukoharjo. Ada sejumlah mal dan pusat pertokoan di sepanjang jalan itu.

Pada malam hari, biasanya banyak pedagang kaki lima yang buka dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang.

Selain itu, jalan tersebut berada di kawasan Kecamatan Grogol. Di kecamatan tersebut terdapat dua kasus positif COVID-19. Salah satunya meninggal dunia.

"Kecamatan Grogol ini termasuk zona merah. Dengan langkah ini diharapkan daerah ini menjadi zona hijau lagi," ujarnya.

Pihaknya akan melakukan evaluasi terkait penutupan tersebut apakah akan diperpanjang atau bahkan diterapkan di lokasi lain.

(bai/rih)