Bupati dan Wabup Purworejo Sumbangkan Gaji untuk Penanganan Corona

Rinto Heksantoro - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 15:42 WIB
Bupati Purworejo, Agus Bastian, Selasa (31/3/2020).
Foto: Bupati Purworejo, Agus Bastian, Selasa (31/3/2020). (Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Bupati Purworejo, Agus Bastian menyatakan akan menyumbangkan seluruh gaji pokoknya untuk penanganan kasus Virus Corona atau COVID-19 di wilayahnya. Agus menyatakan tak hanya dia, Wabup Purworejo juga akan menyumbangkan gajinya.

"(Seluruh) Gaji (pokok) saya dan bu wakil akan kami sumbangkan untuk kepentingan penanganan virus corona ini. Saya kan pengusaha insyaallah saya masih punya mesin uang, kalau cuma makan untuk tiga kali sehari saya cukup," kata Agus Bastian saat memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi Penyebaran Virus Corona, di Ruang Arahiwang Setda Purworejo Selasa (31/3/2020).

Tak hanya bupati dan wabup, KORPRI Kabupaten Purworejo pun juga ikut menyisihkan gajinya untuk dompet peduli COVID-19. Diketahui jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Virus Corrona di Purworejo hingga saat ini ada 568 orang sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 17.

Melihat keperluan yang sangat mendesak terutama bagi ODP dan PDP termasuk keluarganya, pemkab akan memberi bantuan langsung berupa sembako. Untuk menanggulangi masalah tersebut, pemkab juga tengah menganggarkan dana lebih dari Rp 30 miliar.

"Ada satu paket yang akan kami berikan terdiri dari 20 kg beras, 30 mie instan, 2 kg telur, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng. Bagi keluarga yang memiliki bayi akan kami bantu susu bayi. Selain dari dompet peduli covid-19, masih ada sisa dana tahun kemarin sebesar Rp 100 juta. Idealnya untuk penanganan ini kita perlukan dana lebih dari Rp 30 miliar, sedang kita anggarkan," kata Agus.

(sip/sip)