1 Dusun di Purbalingga Lockdown, Tiap KK Terima Sembako Rp 50 Ribu

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 14:34 WIB
Dusun-dusun di Kabupaten Sleman sudah menerapkan
Ilustrasi lockdown (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Purbalingga -

Satu dusun di Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga, saat ini di-lockdown. Lockdown ini menyusul adanya puluhan orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien positif virus Corona atau COVID-19.

"Total di Dusun Bawahan yang di-lockdown itu ada 245 keluarga, 30 keluarga atau 90 orang yang kontak langsung (dengan PDP positif) yang kami statuskan menjadi ODP itu sudah disuplai sembakonya pada tanggal 27. Jadi 26 (Maret) di-lock dan 27 (Maret) dibagikan sembako," kata Kepala Desa Gunungwuled Nashirudin Latif saat dihubungi detikcom, Selasa (31/3/2020).

Nashirudin menyebut masing-masing keluarga mendapat bantuan sembako senilai Rp 50 ribu per hari selama 14 hari ke depan. Dia menyebut, dari 245 keluarga tersebut, ada 215 keluarga yang kini berstatus ODP dan ikut terdampak lockdown tersebut sehingga baru hari ini paket sembako itu bisa didistribusikan ke mereka.

Nashirudin menyebut paket sembako itu didistribusikan seminggu sekali. Ini terpaksa dilakukan untuk mengurangi kontak dengan warga ODP di dusun tersebut.

"Jadi kita hitung per minggu (diberikannya). Per minggu didrop, per minggu didrop. Kalau setiap hari, kami kerepotan dan berisiko kontak," jelasnya.

Dia menuturkan proses pembagian sembako itu diantar ke teras rumah warga tanpa bertemu langsung. Sebab, para relawan yang membagikan sembako tidak dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

"Proses dropnya didatangi ke rumah warga, tapi teknis penyerahannya mengingat relawan ini tidak menggunakan APD. Jadi kami ini kesedihan mendalam, bagaimana memberi makan, menyampaikan bantuan sembako kepada orang tua, tetangga, teman, seperti kasih makan harimau," ucapnya kelu.

"Jadi bantuan ditaruh di teras, yang naruh pergi, terus dari jarak paling tidak 5 meter baru pakai pengeras suara," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2