Camat di Sleman: Jasad Positif Corona Dimakamkan Keluarga, 5 Orang Isolasi Diri

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 10:15 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases)
Sleman -

Camat Depok, Kabupaten Sleman, Abu Bakar, mengungkap ada seorang warganya yang dimakamkan dalam status pasien dalam pengawasan (PDP) Virus Corona atau COVID-19 oleh keluarganya. Belakangan, Abu menerima info jasad itu positif Corona sehingga beberapa orang warganya kini mengisolasi diri.

"Pak dukuh sudah kita minta untuk melakukan isolasi mandiri 14 hari, kemarin yang ikut layat Pak RT Pak RW sudah sadar ikut (isolasi mandiri). Rata-rata yang mengantarkan jenazah ke rumah pada isolasi mandiri tapi jumlahnya yang isolasi mandiri tidak sampai ratusan. Kurang lebih lima (orang)," ujar Abu Bakar kepada wartawan, Jumat (28/3/2020).

Jasad laki-laki berusia 69 tahun itu meninggal dunia dengan status PDP Virus Corona di RS Bethesda, Yogyakarta. Namun, setelah pemakaman, Abu Bakar mendapat informasi hasil tes jasad tersebut menunjukkan positif Virus Corona.

"Karena hasil (positif) itu diketahui ketika setelah jenazah dikubur. Sewaktu di Bethesda itu belum diketahui apakah positif atau negatif," kata Abu Bakar.

Abu Bakar mengungkap, keluarga bersikeras untuk melakukan prosesi pemakaman sendiri karena merasa statusnya jasad itu masih PDP.

Terima Bantuan, PT Bukit Asam Siap Salurkan Kebutuhan Tenaga Medis: