Sultan HB X: Pendatang yang Masuk Yogya Harus Diisolasi 14 Hari

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 22:16 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Kamis (19/3/2020).
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Sultan pun meminta para pendatang untuk berinisiatif mengisolasi diri sendiri terlebih dahulu. Bahkan, pihaknya akan membantu pemeriksaan jika diperlukan.

"Bagaimanapun pendatang ini masyarakat Yogya, tidak mungkin tidak bisa kembali. Tapi harapan saya, yang saya sampaiken kepada bupati, wali kota dan masyarakat pendatang, punya kesadaran untuk mengisolasi diri begitu masuk ke Yogya dan lakukan pemeriksaan dirinya positif atau negatif," ucapnya.

"Sehingga agar tidak menular ke tetangganya kalau positif. Kami akan membantu warga pendatang untuk memeriksakan pada rumah sakit baik punya Pemerintah dan swasta yang punya kemampuan lakukan pemeriksaan (COVID-19)," sambung Sultan.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Gunungkidul, Badingah membenarkan adanya peningkatan pendatang ke Gunungkidul. Pihaknya juga sudah menetapkan SK Bupati No 126/KPTS/2020 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Covid 19 pada tanggal 23 Maret 2020 dan berlaku sampai tanggal 29 Mei 2020.

"Data pendatang yang telah saya laporkan ke gubernur tadi, jumlah pendatang 1.188 orang dan terbanyak di Playen, Nglipar dam Semanu," kata Badingah melalui keterangan tertulis kepada wartawan.

Halaman

(ams/ams)