DKI Tanggap Darurat Corona, Ribuan Perantau Asal Wonogiri Nekat Mudik

Aris Arianto - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 23:24 WIB
DKI tanggap darurat Corona, para perantau dari Jabodetabek mudik ke Wonogiri
Foto: DKI tanggap darurat Corona, para perantau dari Jabodetabek mudik ke Wonogiri (Aris Arianto/detikcom)

Agus menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun Pemkab Wonogiri. Terlebih Jakarta merupakan episentrum pandemi COVID-19.

"Di setiap sudut terminal termasuk kursi sudah disemprot disinfektan oleh PMI. Kami juga menyiapkan hand sanitizer wastafel untuk penumpang baik yang datang maupun yang akan berangkat juga," jelasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Joko Sutopo mengiyakan ada warga Wonogiri yang pulang dari perantauan akhir-akhir ini. Dia pun yakin bisa menekan laju penyebaran virus Corona di wilayahnya.

"Pemerintah sudah menyiapkan langkah preventif dan promotif untuk mencegah COVID-19," kata pria yang akrab disapa Jekek itu.

DKI Tanggap Darurat Corona, Ribuan Perantau Asal Wonogiri Nekat MudikFoto: DKI tanggap darurat Corona, para perantau dari Jabodetabek mudik ke Wonogiri (Aris Arianto/detikcom)

Jekek mengaku sudah mengantisipasi pencegahan virus Corona, infrastruktur paramedis sudah disiapkan. Begitu juga upaya preventif dan promotif seperti memasifkan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat hingga ke tingkat RT.

Dengan adanya sosialisasi di tingkat bawah yang menyentuh langsung ke masyarakat, timbul pemahaman dan kesadaran tentang dampak dan cara pencegahan virus corona tersebut.

"Sehingga ketika ada peboro (perantau) pulang atau mudik, masyarakat sekitar langsung mengingatkan untuk menerapkan langkah sesuai protokol kepada mereka. Para peboro pun ketika mengalami gejala batuk, pilek maupun sesak nafas, harus segera memeriksakan dirinya ke layanan kesehatan," beber dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3