Penyelundupan 1 Kg Sabu di Paket Steamboat Listrik Digagalkan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 20:16 WIB
Penyelundupan 1 kg sabu di paket alat masak asal Malaysia digagalkan
Foto: Penyelundupan 1 kg sabu di paket alat masak asal Malaysia digagalkan. (Angling/detikcom)
Semarang -

Bea Cukai Tanjung Emas Semarang dan Polda Jawa Tengah menggagalkan upaya penyelundupan 1,03 kg sabu dari Malaysia. Modusnya dimasukkan ke dalam alat masak yang dikirim lewat ekspedisi.

Upaya penyelundupan itu terbongkar 19 Maret 2020 lalu. Saat itu Bea Cukai melakukan pembongkaran barang mencurigakan kiriman asal luar daerah di gudang tempat penimbunan sementara.

"Hasil analisis petugas KPPBC TMP Tanjung Emas terdapat 1 consignment note yang mencurigakan dengan identitas pengirim atas nama NA dari Kuala Lumpur, Malaysia," kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tanjung Emas, Semarang, Anton Martin saat jumpa pers di kantornya, Senin (23/3/2020).

Barang tersebut sempat dipindah melalui X-ray. Petugas yang curiga membuka paket tersebut dan mendapati alat masak berupa steamboat listrik. Namun di dalamnya ternyata ditemukan bungkusan yang dilakban.

"Di dalam barang tersebut didapati bungkusan hitam berisikan kristal bening. Dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh laboratorium Bea Cukai Tanjung Emas dan positif methaphetamine atau sabu," jelasnya.

Bea Cukai Tanjung Emas lalu menggandeng Polda Jateng untuk melakukan penyelidikan. Kemudian pada Jumat (20/3) dilakukan pemantauan dan penangkapan terhadap Tantri Kusumahendra (35) di Jalan Gatot Subroto, Ungaran, Kabupaten Semarang.

"Setelah itu dilakukan penangkapan secara terpadu terhadap tersangka atas nama TK," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng, Kombes Ignatius Agung Prasetyo yang hadir dalam jumpa pers.

Selanjutnya
Halaman
1 2