Sapa Aruh Sultan HB X, Ini Pesan untuk Warga Yogya Terkait Pandemi Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 11:45 WIB
Sapa aruh Sri Sultan HB X terkait Virus Corona di Yogyakarta, Senin (23/3/2020).
Foto: Sapa aruh Sri Sultan HB X terkait Virus Corona di Yogyakarta, Senin (23/3/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Raja Yogyakarta yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyampaikan pidato singkat dari di Bangsal Kepatihan Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Yogyakarta hari ini. Pidato itu disebut sebagai sapa aruh atau sapaan sang raja kepada warganya terkait pandemi Virus Corona atau COVID-19.

"Sebetulnya saya akan menyampaikan statement saya kepada masyarakat Yogya. Mestinya karena pribadi, mestinya (disampaikan) di Keraton Yogya, tapi karena saya bekerja di sini, ngontrol dari sini untuk masalah tanggap darurat, mohon maaf saya lakukan dari tempat ini," demikian pembukaan pidato Sultan, Senin (23/3/2020).



Mengenakan kemeja batik lengan panjang Sultan membaca teks pidato sapaan untuk kawula Yogyakarta itu berjudul 'Cobaan Gusti Allah'. Setelah selesai membacakan teks berbahasa Indonesia, Sultan meneruskan pidato teks berbahasa Jawa dengan materi atau isi yang sama.

"Para warga Yogyakarta, juga anak-anakku yang sedang belajar di rumah. Saudara-saudaraku semuanya, Saya Hamengku Buwono, pada hari-hari ini yang sarat akan ketidakpastian," demikian pidato Sultan memberikan penggambaran terkait pandemi Corona.

Sultan mengutip nasihat Jawa, wong sabar rejekine jembar, ngalah urip luwih berkah (orang yang mampu bersabar akan diberi keluasan rezeki, orang yang berani mengalah hidupnya lebih berkah).

Sultan HB X: Yogyakarta Belum Terapkan Lockdown tapi Calmdown:

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2