Cerita Ibu dari Balita Positif Corona yang Akhirnya Sembuh di Yogya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 17:35 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Yogyakarta -

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta sempat merawat seorang pasien berumur 3 tahun yang positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Setelah menjalani perawatan secara intensif, akhirnya pasien tersebut dinyatakan sembuh dan boleh pulang Jumat (20/3) kemarin.

Melalui video call dengan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ibu dari pasien tersebut menceritakan awal mula bagaimana anaknya terjangkit virus Corona. Seperti apa kisahnya?

Sang ibu pasien menjelaskan, semula ia dan kerabatnya melakukan perjalanan ke Depok, Jawa Barat pada tanggal 27 Februari 2020. Saat itu ia dan kerabatnya berangkat dari Yogyakarta menggunakan kereta api.

"Berangkatnya naik kereta api malam. Sampai Depok jam 10 (pagi)," ucapnya melalui video yang dibagikan oleh Pemda DIY, Sabtu (21/3/2020).

Selama di Depok, dia beserta keluarganya sempat bepergian ke dua lokasi. Selanjutnya, pada tanggal 3 Maret dia dan keluarganya pulang ke Yogyakarta.

"Habis itu pulang Senin dini hari dan sampai Yogyakarta jam setengah 4 sore," ucapnya.

Sesampainya di Yogyakarta, sang ibu lantas memutuskan untuk istirahat selama dua hari dan baru beraktivitas hari Kamis (5/3). Di hari yang sama, anaknya juga baru mulai beraktivitas ke sekolah.

"(Hari) Kamis (anaknya umur 3 tahun) baru sekolah, terus kemudian pulang sekolah gak papa, pas saya jemput gak papa, tidak ada gejala demam," ucapnya.

"Terus hari Sabtunya (7/3) anak tidak mau tidur siang dan malamnya tidurnya malam sekali. Dan Minggu (8/3) subuh saya ngecek kok badannya panas sekali, saya cek pakai termometer suhunya hampir 40 (derajat celsius)," lanjut wanita yang dalam video memakai kacamata dan masker ini.

12 Juta Masker Bedah dan 81 Ribu Masker N95 Disiapkan Pemerintah:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4