Ditutup Gegara Corona, Candi Prambanan Kini Lengang

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 13:17 WIB
Candi Prambanan ditutup sementara saat pandemi Corona
Foto: Candi Prambanan (Jauh Hari./detikcom)
Sleman -

PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko telah mengumumkan penutupan operasional sementara untuk seluruh kawasan taman wisata candi terkait pencegahan penyebaran Virus Corona atau COVID-19. Suasana Candi Prambanan kini pun tampak lengang.

Penutupan ini berlaku mulai hari ini hingga tanggal 29 Maret mendatang. Pantauan detikcom pada Jumat (20/3) siang, suasana taman wisata Candi Prambanan tampak sepi.

Tidak terlihat ada pengunjung di kawasan Candi Prambanan. Tampak satu dua mobil yang hendak masuk ke lokasi wisata namun tidak jadi karena tutup.

Lokasi parkir dan tempat jualan juga tampak pun sepi. Gerbang masuk area Candi Prambanan atau zona 1 pun ditutup. Terlihat beberapa satpam masih berjaga di beberapa pos.

Meski begitu, beberapa petugas kebersihan tampak hilir mudik di lokasi. Mereka terlihat memakai masker dan melakukan pembersihan di area taman wisata Candi Prambanan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono menjelaskan keputusan penutupan operasional selama 9 hari. Keputusan ini diambil setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Provinsi DIY yang berada di wilayah kerja PT TWC.

"Kementerian sebagai Pemangku kepentingan kepariwisataan nasional mengingat Candi Borobudur merupakan destinasi Super Prioritas, selain itu telah dilakukan konsultasi dengan Kementerian BUMN sebagai acuan regulasi bagi BUMN," kata Edy.

Selanjutnya
Halaman
1 2