Corona Mewabah, Sejumlah Ponpes di Rembang Bikin Kebijakan Baru

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 20:22 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Rembang -

Kondisi kian mewabahnya virus Corona atau COVID-19 membuat sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah membuat kebijakan baru. Utamanya tentang pengetatan aktivitas kesantrian.

Seperti di Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin Leteh Rembang asuhan KH Ahmad Mustofa Bisri. Kini terdapat kebijakan baru yang membatasi kunjungan oleh orang tua maupun wali santri.

"Pengurus Ponpes Raudlatul Thalibin Leteh Rembang mengimbau kepada seluruh wali santri untuk sementara tidak berkunjung atau menyambangi langsung ke pondok. Berkaitan dengan pembayaran atau kiriman uang saku santri bisa melalui transfer atau dititipkan melalui pengurus pondok," kata lurah Ponpes Raudlatul Thalibin Leteh Rembang, Naji Falaqi, Selasa (17/3/2020).

Sementara itu, di Ponpes Al Anwar Sarang hingga saat ini masih memperbolehkan kunjungan terhadap santri, meski ada pembatasan. Namun, yang kian diperketat yakni para santri dilarang keluar kawasan pondok setempat.

"Kami belum membatasi soal kunjungan, akan tetapi para santri kami larang untuk keluar kompleks pondok. Hal ini memang menanggapi kondisi mewabahnya Corona," ujar pengasuh Ponpes Al Anwar Sarang, Majid Kamil MZ.