Pandemi Corona

Bupati Purworejo: Ada 34 Orang Dalam Pemantauan, 5 Negatif

Rinto Heksantoro - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 19:07 WIB
Bupati Purworejo Agus Bastian tinjau kesiapan RSUD dr Tjitrowardojo, Selasa (17/3/2020).
Bupati Purworejo Agus Bastian tinjau kesiapan RSUD dr Tjitrowardojo, Selasa (17/3/2020). (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Hingga saat ini, terdapat 34 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Purworejo, Jawa Tengah terkait kasus virus Corona (COVID-19). Pemkab Purworejo menyiapkan 11 rumah sakit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Hingga hari ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) naik menjadi 34 orang di Kabupaten Purworejo. Lima orang telah dinyatakan negatif, 29 orang masih dalam pemantauan sampai dengan 28 Maret 2020," kata Bupati Purworejo Agus Bastian usai memantau kesiapan RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo, Selasa (17/3/2020).

Agus menjelaskan, sebagian besar ODP berasal dari TKI yang baru pulang dari Korea, Hong Kong, dan Taiwan. Selain itu juga terdapat mahasiswa yang pulang dari luar negeri dan enam orang warga asing.

"Belum ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP), suspect, maupun terkonfirmasi positif COVID-19," lanjutnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah menyiagakan 11 rumah sakit yang siap menangani pasien Corona. Rinciannya, satu RSUD dr Tjitrowardojo sebagai RS rujukan lini 2, 10 RS pendukung, 11 dokter khusus pandemik dan 35 perawat khusus pandemik.

Pihaknya juga telah mengantisipasi adanya kasus Corona dengan menyiapkan enam ruang isolasi dan satu ambulans khusus. Bahkan Pemkab Purworejo telah menyiapkan anggaran khusus penangan Corona sebesar Rp 1,1 miliar.

Selanjutnya
Halaman
1 2