Sebelum Datang Corona, 3 Wabah Ini Pernah Mendera Jawa Seabad Lalu

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 18:16 WIB
Sri Margana, sejarawan UGM, verifikator Keris Kiai Naga Siluman. (Dok Pribadi Sri Margana)
Sri Margana. (Foto: Dok. Pribadi)
Yogyakarta -

Pandemi Corona atau COVID-19 ternyata bukan wabah pertama yang menewaskan banyak orang. Seabad yang lalu, wabah cacar, pes hingga malaria pernah menyerang Indonesia, khususnya pulau Jawa.

Sejarawan UGM, Sri Margana memaparkan bahwa wabah yang terjadi seabad yang lalu adalah wabah besar. Menurutnya, wabah pes menjadi wabah yang memakan korban sangat banyak saat itu.

"Kalau yang pernah membawa korban sangat banyak ya penyakit pes. Wabah pes itu yang pernah banyak menelan korban warga Hindia Belanda (nama Indonesia di masa penjajahan) dan juga telah merubah kebijakan kolonial tentang kesehatan," ujarnya saat dihubungi detikcom, Senin (16/3/2020).


Margana menyebut wabah tersebut terjadi pada pertengahan dekade 1920. Namun, atas peran besar dr Cipto Mangunkusumo akhirnya wabah tersebut berhasil diberantas. Terlepas dari hal tersebut, Margana mengungkapkan ada beberapa wabah yang terjadi di pulau Jawa.

"Kalau yang terbesar itu (wabah pes), kalau wabah lain itu biasanya yang menjadi perhatian pemerintah kolonial, kalau tipikal Indonesia itu malaria dan cacar. Dua wabah itu juga pernah terjadi di Jawa," ujar Margana.

Dia menjelaskan, kedua wabah itu muncul saat penduduk Eropa mulai menduduki wilayah-wilayah perkebunan di Indonesia. Mengingat saat itu Pemerintah kolonial berniat memperkuat sektor perkebunan.

"(Wabah) cacar itu sekitar tahun 1920, itu ketika penduduk Eropa mulai menduduki di wilayah perkebunan. Jadi perhatian kolonial terhadap penyakit seperti itu terjadi setelah perluasan perkebunan kolonial termasuk pes ini," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3