Karpet Masjid Agung Brebes Digulung, Jemaah Diminta Bawa Sajadah Sendiri

Imam Suripto - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 16:01 WIB
Karpet di Masjid Agung Brebes digulung, Senin (16/3/2020).
Foto: Karpet di Masjid Agung Brebes digulung, Senin (16/3/2020). (Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Seluruh karpet yang berada di ruang Masjid Agung Brebes, Jawa Tengah digulung untuk menghindari penyebaran virus Corona atau COVID-19. Pengurus masjid meminta jemaah untuk membawa sajadah sendiri.

"Setiap hari kita lihat sendiri kan. Puluhan bus bawa rombongan yang mampir di sini. Kita tidak tahu kan apakah mereka ada yang kena kemudian salat di sini dan meninggalkan virus di karpet," ucap pengurus Masjid Agung Brebes seksi Sarpras, Cibandono Andi kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Untuk sementara, pihak Masjid Agung Brebes tidak menyediakan karpet untuk jemaah salat. Bagi warga atau pelancong yang akan menjalankan salat, lanjut Andi, disarankan bawa sajadah sendiri.

"Untuk sementara tidak ada karpet atau jemaah kalau bisa bawa sajadah sendiri. Pertimbangannya kalau ada virus tertinggal di lantai lebih mudah dibersihkan daripada tertinggal di karpet," sambung dia.

Selama karpet digulung pengurus masjid juga menyemprot cairan disinfektan pada lantai masjid. Pengurus masjid sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mencari cairan disinfektan yang direkomendasikan.

"Kita punya uang cash. Nggak perlu minta ke pemerintah," tutupnya.

(sip/rih)