Cegah Penyebaran Virus Corona, CFD di Kebumen Juga Ditiadakan

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 19:20 WIB
Rakor membahas antisipasi Virus Corona di Pemkab Kebumen.
Rakor Pemkab Kebumen membahas antisipasi Virus Corona. (Dok Sekda Kebumen)
Kebumen -

Pemkab Kebumen Jawa Tengah menghentikan sementara kegiatan Car Free Day (CFD) yang digelar setiap hari Minggu pagi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

Penghentian sementara kegiatan CFD tersebut dikeluarkan melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Sekda Kebumen pada Sabtu (14/3/2020) petang. CFD akan ditiadakan sampai batas waktu yang ditentukan.

"Dalam rangka pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Coroma Virus Desease (COVID 19), Pemenntah Kabupaten Kebumen mengambil langkah antisipasi untuk penghentian sementara Kegiatan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) mulai tanggal 15 Maret 2020 dan seterusnya sampai menunggu perkembangan dan instruksi selanjutnya," bunyi surat resmi Sekda Kebumen seperti yang dikutip detikcom.

Saat dimintai konfirmasi oleh detikcom, Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz membenarkan surat resmi tersebut telah dikeluarkan oleh Pemkab Kebumen setelah menggelar rakor pencegahan corona pada Sabtu (14/3) sore.

Pencegahan penyebaran Virus Corona juga telah diinstruksikan melalui Keppres No 7 tahun 2020 tertanggal 13 Maret serta surat edaran Gubernur Jateng tanggal 14 Maret 2020. Masyarakat pun diimbau untuk tidak panik, tetap tenang serta menjaga kebersihan.

"Juga untuk tindak lanjut Keppres tanggal 13 Maret 2020 serta surat edaran Gubernur Jateng tanggal 14 Maret 2020. Kami imbau masyarakat harap tetap tenang, jaga kebersihan dan ikuti anjuran pemerintah," katanya saat dihubungi detikcom hari ini.

(sip/sip)