Sri Sultan HB X Minta Belanda Juga Kembalikan Naskah Kuno

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 16:59 WIB
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X bersama Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima di Regol Donopratopo, Rabu (11/3/2020).
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X bersama Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima di Regol Donopratopo, Rabu (11/3/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengapresiasi pengembalian keris Pangeran Diponegoro oleh Pemerintah Belanda ke Indonesia. Dia berharap hal tersebut berlanjut dengan dikembalikannya barang bersejarah milik Indonesia.

"Ya ndak papa, yang penting kan kembali (keris Pangeran Diponegoro). Perkara (disimpan) di Museum Nasional ndak papa," ucapnya saat ditemui wartawan di Regol Donopratopo, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (11/3/2020).

Sultan HB X melanjutkan, bahwa dengan kembalinya keris Pangeran Diponegoro ia berharap naskah-naskah milik Indonesia yang masih berada di negara lain ikut dikembalikan. Mengingat benda-benda itu mengandung nilai sejarah bagi Indonesia.

"Ya jadi, kalau bisa juga jangan hanya itu (keris) tapi naskah-naskah yang lain mungkin juga memungkinkan atau barang yang lain. Itu kan sejarah bagi suatu...seperti keris kan bagi orang Jawa itu punya nilai, gitu," ucapnya.

Simak Juga Video "Raja Belanda Serahkan Keris Pangeran Diponegoro ke Jokowi"

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2