Puluhan Batuan Candi di Perkampungan Klaten Dievakuasi ke Candi Sewu

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 12:29 WIB
BPCB Jateng evakuasi puluhan batu dari permukiman di Klaten ke Candi Sewu, Jumat (6/3/2020).
Foto: BPCB Jateng evakuasi puluhan batu dari permukiman di Klaten ke Candi Sewu, Jumat (6/3/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Puluhan blok komponen batu candi yang terserak di perkampungan penduduk dievakuasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng ke kompleks Candi Sewu, Klaten. Puluhan batu berbagai jenis itu diamankan di sekitar Desa Kokosan, Kecamatan Prambanan, Klaten.

"Batu-batu baru diambil 24 biji. Masih ada yang belum diambil tapi warga sanggup menjaganya," terang Pamong Budaya Madya BPCB Jateng Deny Wachyu Hidayat kepada detikcom, Jumat (6/3/2020).

Deny menjelaskan batu-batu tersebut dahulu diperkirakan digunakan untuk bandul pemberat gerobak sapi milik warga. Warga sekitar diketahui bekerja sebagai pedagang di Pasar Prambanan.

"Jadi pagi berangkat jualan hasil bumi, sorenya dagangan sudah habis pulang. Gerobak perlu pemberat buat penyeimbang," sambung Deny.

Di zaman dulu, lanjut Deny, belum ada pagar keliling di candi-candi. Bahkan di tengah Candi Sewu dan Prambanan masih jalan umum sehingga pengemudi gerobak bisa mengambil batu candi sesukanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2