Menu Papeda Jajanan Ibu Nyentrik Berseragam SD yang Menggelitik

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 19:53 WIB
Ibu muda nyentrik penjual papeda keliling di Pekalongan, Rabu (4/3/2020).
Ibu nyentrik penjual papeda keliling di Pekalongan, Rabu (4/3/2020). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan -

Penampilan seorang penjual jajanan, Lia Afidah (29) tampak nyentrik dan mencuri perhatian. Ibu dua orang anak ini memakai seragam sekolah saat berjualan jajanan papeda keliling di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Selain penampilan, nama-nama menu papeda yang ditawarkan oleh Lia juga cukup menggelitik.

Di gerobak motornya, tertulis aneka macam menu yang bisa memancing senyum bagi pembacanya. Bahkan bisa disebut kurang nyambung bila dikaitkan dengan rasa yang ditawarkan.

Seperti papeda rasa balado (bojo ketikung), bon cabe (mertua galak), rumput laut (teman tapi mesra), keju (konco mesra), jagung (istri idaman) dan abon (teman sejati). Menurut Lia, nama menu itu memang bukan sebuah singkatan.

"Kalau menu itu sih asal-asal saja artinya. Itu bukan singkatan kok. Sama juga pengalaman saya he..he...," kata Lia sambil tersenyum, saat ditemui detikcom, Rabu (4/3/2020).

Menu-menu Menggelitik Papeda Jajanan Ibu Nyentrik Berseragam SDIbu nyentrik penjual papeda keliling di Pekalongan, Rabu (4/3/2020). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Seperti menu papeda balado yang ditulis bojo ketikung (pasangan ditikung), menurut Lia adalah diibaratkan merasakan pasangan hidup yang ketikung.

"Rasa balado seperti apa. Selain pedas dirasakan, juga ada manis-manis dan berasa banget. Seperti bojo ketikung," katanya.

Berbeda dengan balado, rasa bon cabe disebutnya lebih terasa lagi pedasnya. "Makanya rasanya super pedas, bagaikan bertemu dengan mertua yang galak," tambah Lia.

Demikian juga dengan rasa rumput laut, keju, jagung dan abon.

Misal rasa jagung. Lia menyebut jagung rasanya seperti ada sensasi khas jagung yang tidak pedas dan ada gurih-manisnya, seperti istri idaman.

"Ya seperti itulah asal saya memaknainya sendiri. Memang banyak yang tanya, ya seperti itu jawab saya," ujar Lia.

Selanjutnya
Halaman
1 2